Tuesday, March 8, 2016

Tips Lindungi Smartphone Dari Siber Ala Eric David

Cara Lindungi Smartphone Dari Siber Ala Eric David
Tips Lindungi Smartphone - Eric David. Ya, namanya mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda para pecinta dunia teknologi. Beliau merupakan seorang senior program manager Google. Banyak hal yang menjadi ide – ide dan tips serta triknya di dunia teknologi, salah satunya tentang tips dan trik yang beliau ungkapkan mengenai tips lindungi smartphone dari siber

Ya, kejahatan siber memang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.  Bahkan orang – orang terdekat anda juga memungkinkan untuk melakukan kejahatan siber ini :-) So, anda harus hati – hati dan perlu melindungi smartphone anda dari kejahatan siber semacam ini. 

Tenang saja sobat. Eric David yang notabennya senior program manager Google punya solusinya. tips lindungi smartphone dari siber ini menjadi salah satu cara paling jitu untuk mengatasi dan meminimalisir berbagai masalah kejahatan siber yang saat ini banyak beredar. Oke, mengenai bagaimana langkah – langkahnya untuk melindungi smartphone android dari siber ala Eric David, yuk langsung saja kita simak informasinya berikut ini! :-)

Tips Lindungi Smartphone Dari Siber


Disini kami akan berikan uraian informasinya khusus untuk anda mengenai tips jitu agar smartphone terhindar dari kejahatan siber. Dijamin solusi ini ampuh untuk mengantisipasi kejahatan siber yang memungkinkan terjadi dimana saja dan kapan saja kita berada :-)

Dan tips pertama yang bisa anda coba untuk mengantisipasi dan melindungi smartphone dari kejahatan siber yaitu :

Selalu Gunakan Google Play Store Untuk Mencari Aplikasi 


Selalu Gunakan Google Play Store Untuk Mencari Aplikasi


Memiliki android memang tidak lepas kaitannya dari mencari aplikasi. Apalagi sekarang ini banyak beredar aplikasi terbaru yang unik yang bisa anda download sobat (Baca : Aplikasi Android Paling Unik 2016 yang Wajib Didownload

Hanya saja dimana dan bagaimana anda mendownload aplikasi tersebut yang harus anda benar – benar perhatikan. Eric David mengungkapkan bahwa cara paling aman yang bisa dilakukan pengguna dan peminat aplikasi untuk melindungi smartphone androidnya dari lemot, virus dan siber ialah dengan mencari dan memasang aplikasi yang diinginkan di Google Play Store

Mengapa? Karena setiap aplikasi yang telah disediakan di Google Play Store menandakan bahwa aplikasi tersebut aman dan telah mematuhi kebijakan yang telah ditetapkan google. 

Eric David selaku senior program manager Google membeberkan bahwa setiap aplikasi yang akan dipasarkan di Google Play ini selalu mengalami pemeriksaan oleh tim keamanan android. Jika memang tim keamanan android merasa aplikasi ini menyalahi aturan yang ada seperti aplikasi yang berisi malware dan hal lain yang dapat merugikan pengguna android apalagi yang berisi resiko siber untuk pengguna android maka Google Play Store menolak aplikasi tersebut dan langsung memblokirnya agar developer berkenan meninjau kembali aplikasi yang dibuat tersebut. Karena itu cara paling aman untuk mendownload aplikasi adalah dengan memanfaatkan Google Play.

Atur Kunci Layar Dan Aktifkan Android Device Manager


Atur Kunci Layar Dan Aktifkan Android Device Manager


Eric David memiliki satu semboyan bahwa “siapa saja dapat kehilangan ponsel mereka”. Dan dalam hal ini Eric David menyarankan supaya pengguna smartphone android mengatur kata kunci layar agar smartphone mereka tidak bisa diotak – atik oleh orang lain yang meminjam ponsel anda sobat. Dengan begini ponsel anda juga akan aman dan jika memang ada yang meminjam tentu akan mengklarifikasikan dulu kepada anda.

Selain itu, pemasangan dan pengaturan kata kunci layar juga sangat bermanfaat ketika smartphone anda hilang. Dengan begini orang yang menemukan smartphone android anda tidak bisa mencuri data penting atau data rahasia yang memang anda simpan di smartphone android.

Selain menyarankan pemasangan kata kunci layar, Eric David juga menambahkan bahwa setiap pengguna android wajib memasang android Device Manager. Aplikasi ini sangat berguna ketika smartphone anda hilang nantinya. Dengan mengaktifkan aplikasi ini maka pengguna android bisa mengetahui letak smartphone mereka ketika hilang dengan mencarinya melalui website resmi yakni Android Device Manager Jadi tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi para pengguna smartphone android.


Enkripsi Perangkat Smartphone Android Anda


Enkripsi Perangkat Smartphone Android Anda


Eric David juga menuturkan bahwa melakukan enkripsi perangkat juga penting guna memastikan kejahatan siber jauh – jauh dari hidup kita :-) Enkripsi perangkat ini juga dapat membuat data anda aman dan tidak bisa diretas oleh siapapun dan oleh pihak manapun. Ini juga menjadi salah satu tips lindungi smartphone dari siber yang bisa anda coba.

Google sendiri juga sekarang ini mengantisipasi kejahatan siber dengan membenamkan fitur enkripsi tablet atau smartphone yang terdapat pada menu setting. Fitur ini tentunya memiliki banyak manfaat untuk pengguna smartphone android. Fitur ini akan lebih terasa manfaatnya ketika anda kehilangan smartphone maka tidak akan ada orang yang bisa meretas data pribadi anda di ponsel android anda. 

Bahkan saking perhatiannya google terhadap para pengguna smartphone android, Google juga membenamkan enkripsi langsung oleh Google pada perangkat android Nexus 5P dan 6P (Baca : Spesifikasi Smartphone Nexus 5P Dan 6P

Dengan begini para pengguna smartphone android khususnya Nexus 5P dan 6P tidak perlu khawatir karena smartphonenya sudah dienkripsi sehingga tentunya tidak akan ada orang yang bisa meretas data pribadi di ponsel anda. Tentu saja anda yang menggunakan smartphone android tersebut perlu bangga karena smartphone anda aman dari tindakan siber :-)

Jangan Lupa Kelola Izin Setiap Aplikasi


Jangan Lupa Kelola Izin Setiap Aplikasi


Mungkin selama ini anda sudah seringkali menginstal sebuah aplikasi? Baik itu aplikasi fotografi, aplikasi gaming, dan lainnya. Satu hal yang harus anda tahu bahwa ketika anda pertama kali menginstal sebuah aplikasi, tentu nantinya akan muncul notifikasi berupa permission atau yang dikenal dengan permintaan ijin akses. 

Bahkan pada smartphone android terbaru yang kini beredar dan sudah banyak digunakan yaitu smartphone android yang lengkap dengan sistem operasi Marshmallow 6.0 terdapat sebuah aplikasi pengontrol hak izin akses pada setiap aplikasi. Tentunya fitur semacam ini sangat menguntungkan untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap perangkat android. Dengan adanya fitur ini kini pengguna android bisa mengatur sendiri aplikasi apa saja yang bisa membaca data penting yang ada pada ponsel android tersebut. Selain itu ponsel android anda juga tidak akan lemot sobat dengan memfilter apa saja yang berhubungan dengan smartphone android anda. Jadi jangan ragu untuk menerapkan informasi tips dan trik seputar android yang kali ini kami berikan untuk anda sobat :-)

Nah, sobat itulah beberapa informasi yang kali ini bisa juraganponsel.com berikan untuk anda. Pahami dan lakukan trik diatas untuk mencegah dan melindungi smartphone dari kejahatan siber. Semoga informasi tentang Tips Lindungi Smartphone Dari Siber bermanfaat. Dan bagi anda yang ingin tahu informasi lainnya seputar dunia teknologi, aplikasi serta tips dan trik bisa langsung mengunjungi juraganponsel.com

Artikel Terkait