Thursday, May 18, 2017

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia XZ Premium

Sony Xperia XZ Premium - Sony kembali melakukan gebrakan terbaru dalam dunia smartphone dengan merilis produk terbaru andalan mereka yang diberi nama Sony Xperia XZ Premium. Smartphone terbaru ini menawarkan segudang fitur canggih yang akan memanjakan para penggunanya. Sebagai contoh, kamera belakang beresolusi 19 Megapixel yang mampu melakukan perekaman video slow motion dengan kecepatan 960 fps. Padahal, smartphone pada umumnya hanya memiliki kecepatan 120fps ataupun 240fps saja. Dengan bekal kemampuan seperti ini, pengguna dapat mengabadikan momen yang tak bisa ditangkap mata.

Spesifikasi Sony Xperia XZ Premium

Kamera belakang Sony Xperia XZ Premium memiliki lebar aperture sebesar f/2.0 dan lensa wide angle 25 mm. Kamera tersebut mampu melakukan perekaman video beresolusi 4K yang semakin dioptimalkan dengan teknologi EIS (Gyro), sehingga hasil perekaman tersebut sangat memukau. Fitur autofocus yang disematkan pada kamera ini juga bekerja sangat cepat berkat teknologi hybrid autofocus yang menggabungkan phase detection dan laser autofocus. Belum lagi penambahan fitur LED Flash yang akan memaksimalkan penangkapan gambar meskipun dalam kondisi minim cahaya.

Untuk kamera depan Sony Xperia XZ Premium, resolusi yang disematkan pada kamera ini sebesar 13 Megapixel dengan aperture f/2.0, lensa wide angle 22 mm, dan fitur Screen Flash. Kolaborasi fitur kamera tersebut menjadikan hasil bidikan kamera depan cukup bersih dan jernih meskipun pada kondisi minim cahaya sekalipun.

Sony XZ Premium

Di bagian layarnya, Sony Xperia XZ Premium ini memiliki bentangan layar yang cukup besar. Bagaimana tidak,  layar smartphone ini mengusung diagonal 5.46 inchi dengan resolusi sebesar 4K atau 3840 x 2160 pixels. Tidak heran jika hasil tampilan layar yang disuguhkan cukup jernih dan tajam. Tingkat kepadatan layarnya mencapai 807 ppi per inchi dan mendapatkan dukungan kemampuan multitouch hingga 10 sentuhan. Kualitas layar Sony Xperia XZ Premium ini juga cukup cemerlang berkat penyematan panel IPS LCD capacitive touchscreen yang berkolaborasi dengan HDR10 compliant, Triluminos display, X-Reality Engine hingga Dynamic Contras dalam kombinasi pewarnaan hingga 16 juta warna. Untuk mencegah goresan, layar smartphone ini dilengkapi dengan fitur perlindungan layar terbaru bernama Corning Gorilla Glass 5.

Untuk urusan desain, Sony kelihatannya tidak main-main dalam mendesain ponsel cerdas keluaran terbaru mereka ini. Hal ini terlihat dari desain Sony Xperia XZ Premium ini yang sangat stylish dan elegan dengan penggunaan material metal di bagian bodinya. Bukan hanya itu, smartphone ini juga membawa finishing Glassy pada bodi belakangnya yang semakin memperkuat kesan glamor pada ponsel ini. Untuk dimensi bodinya, smartphone Sony Xperia XZ Premium ini memang lumayan bongsor dengan ukuran 156 x 77 mm dan ketebalan 7.9 mm, serta bobot yang mencapai 195 gram dengan keempat sudut yang sedikit meruncing khas ponsel Sony.

Sony Xperia XZ Premium ini telah mendapatkan sertifikasi IP68 sehubungan dengan kemampuan tahan debu dan tahan air yang dimilikinya. Bahkan, ponsel ini mampu bertahan di dalam air hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit. Karenanya, pengguna tetap dapat menggunakan smartphone Sony Xperia XZ Premium ini meskipun sedang berenang.


Untuk kualitas sistem operasi, Sony Xperia XZ Premium sudah menggunakan Android OS v7.1 Nougat, yang semakin dipercanggih kinerjanya dengan bantuan dapur pacu berupa chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 dan processor Octa-core yang berlari pada kecepatan 4×2.45 GHz Kryo dan 4×1.9 GHz Kryo. Untuk kualitas grafis, Sony Xperia XZ Premium ini dibekali dengan GPU Adreno 540 yang mampu memberikan kualitas grafis yang halus dan mulus. Selain itu, ponsel ini juga dibekali dengan 4GB RAM untuk mendukung kemampuan multitasking dan komputasi yang cepat dan anti lemot.

Untuk memberikan kepuasan berselancar di dunia maya, pihak Sony melengkapi dukungan layanan jaringan internet 4G Cat16 LTE pada ponsel Sony Xperia XZ Premium besutan mereka. Kemampuan akses internet yang dihasilkan mencapai 1024 Mbps untuk download dan 150 Mbps untuk upload. Kecepatan akses internet ini tergolong super cepat, sehingga pengguna betul-betul akan merasakan kepuasan dalam berselancar di dunia maya. Sedangkan untuk kebutuhan komunikasi, Sony telah menyediakan 2 varian yang bisa dipilih, yaitu Single SIM Card atau Dual SIM Card. Di sisi lain, untuk menunjang kebutuhan konektivitas jarak dekat, Sony Xperia XZ Premium telah dilengkapi dengan fitur WiFi, WiFi Direct, dual band, DLNA, dan hotspot. Sedangkan untuk kebutuhan transfer data sesama perangkat yang mendukung, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang dibutuhkan untuk itu seperti Bluetooth, USB Type C, dan USB Host.

Untuk kapasitas penyimpanan data yang disematkan pada Sony Xperia XZ Premium ini juga tidak luput dari perhatian pihak Sony. Oleh karena itu, ponsel ini dilengkapi dengan memori internal berkapasitas 64 GB. Kapasitas ini tergolong cukup besar, sehingga pengguna bisa menyimpan berbagai file yang mereka butuhkan di ponsel tersebut. Tidak hanya itu, smartphone ini juga dibekali dengan slot micro SD untuk penambahan memori eksternal berkapasitas hingga 256 GB.


Perlu diketahui bahwa secanggih apapun fitur dari sebuah smartphone, tetap tidak ada artinya jika tidak mendapatkan dukungan kualitas baterai yang memadai. Pihak Sony menyadari betul hal tersebut. Oleh karena itu, mereka tidak segan-segan menggunakan baterai berkualits pada ponsel ini. Setidaknya penggunaan Baterai Li-Ion 3.230 mAh pada Sony Xperia XZ Premium ini membuktikan keseriusan Sony dalam hal ini. Kebutuhan komponen spesifikasi yang diusung ponsel ini sudah selaras dengan kapasitas baterai yang digunakan. Apalagi dengan adanya fitur fast charging (Quick Charge 3.0) pada baterai ini, sehingga lebih cepat terisi tanpa harus mengecash terlalu lama. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya pengguna menggunakan power bank untuk suplai daya cadangan ketika daya pada baterai Sony Xperia XZ Premium sudah hampir habis.


Kelebihan Sony Xperia XZ Premium

  • Desain terlihat sangat stylish dan elegan
  • Mendapatkan sertifikat IP68 untuk daya tahan terhadap debu dan air
  • Casing belakang berlapis kaca Corning Gorilla Glass 5
  • Layar beresolusi 4K HDR yang berukuran 5.46 inchi dan dilindungi Corning Gorilla Glass 5
  • Smartphone Android pertama di dunia yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835
  • Kamera belakang beresolusi 19 Megapixel yang mampu merekam video slow motion dengan kecepatan 960fps
  • Kamera depan beresolusi 13 Megapixel yang memiliki kemampuan penangkapan gambar meskipun dalam kondisi minim cahaya
  • Kapasitas memori internal sebesar 64 GB
  • Dilengkapi dengan slot micro SD untuk penambahan memori eksternal hingga 256 GB
  • Tersedia baterai berkapasitas besar yang dilengkapi dengan fitur fast charging 3.0
  • Fitur konektivitas yang sangat lengkap dan mendukung layanan jaringan internet teknologi 4G LTE

Kekurangan Sony Xperia XZ Premium

  • Bodi yang agak bongsor berukuran 156 x 77 mm dan ketebalan 7.9 mm
  • Bobot yang agak berat sebesar 195 gram
  • Baterai non-removable

Harga Sony Xperia XZ Premium

Saat ini belum ada kejelasan tentang berapa harga yang harus dibayar untuk bisa memberandol Sony Xperia  XZ Premium ini. Tetapi berdasarkan uraian spesifikasi ponsel ini, kelihatannya harga Sony Xperia XZ Premium ini bakalan berada pada kisaran angka yang lumayan mahal. Meskipun demikian, harga  yang nantinya harus Anda keluarkan untuk memberandol ponsel ini tentunya sudah sesuai dengan keunggulan dari spesifikasi yang akan Anda dapatkan dari smartphone ini.  Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait