Wednesday, October 10, 2018

Harga Google Pixel 3 XL, Smartphone High End Layar Lebar


Google Pixel 3 XL merupakan salah satu varian terbaru dari smartphone besutan Google yang diluncurkan menjelang akhir tahun 2018 ini. Perangkat pintar tersebut didukung dengan spesifikasi tinggi untuk hadware maupun sofwarenya. Misalkan saja untuk perangkat lunak, OS android 9.0 Pie siap menjadi sistem operasi smartphone tersebut. Sedangkan untuk hadwarenya yang paling menonjol adalah penggunaan chipset 10nm Qualcomm Snapdragon 845 yang dipadukan dengan kartu grafis Adreno 630.

Smartphone terbaru google ini nantinya akan mengusung layar dengan bentang 6.3" inci dengan resolusinya yang mencapai 2960x1440 piksel. Layar tersebut didukung dengan teknologi panel AMOLED yang mana untuk kerapatannya mencapai 523 piksel per inci. Yang menarik, untuk bodi depan maupun belakang akan menggunakan material kaca. Sedangkan untuk frame sendiri menggunakan bahan aluminium yang membuat perangkat lebih kokoh.

Sedikit berbeda dengan tren smartphone saat ini, spesifikasi Google Pixel 3 XL pada sektor fotografi masih mengusung konsep single camera pada bagian belakangnya. Kamera tersebut memiliki resolusi 12.2 megapixel yang didukung dengan fitur phase detection auto focus dan led flash. Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi 8 megapixel dengan dukungan fitur fixed focus. Dikarenakan kamera belakang hanya menggunakan satu lensa, jadi masih belum diketahui apakah smartphone ini akan memungkinkan pengguna menghasilkan foto bokeh atau tidak.

Untuk fitur lainnya, google tetap menambahkan fitur standar sebuah ponsel pintar seperti halnya wifi, browser, GPS, dan bluetooth. Fitur dual sim card juga tersedia dengan dukungan jaringan yang sudah mencangkup 4G LTE. Sedangkan untuk sumber daya didukung baterai dengan kapasitas 3.430mAh yang disertai dengan fitur Power Delivery 2.0 quick charging. Selain itu juga tersedia fitur Wireless Charging (15W) Qi standard. Sayangnya untuk fitur face unlock kemungkinan besar tidak akan tersedia pada ponsel ini, namun untuk fitur sensor sidik jari dipastikan akan tersedia.

Guna menghasilkan performa yang lebih gahar, google menggunakan chipset 10nm Qualcomm Snapdragon 845 sebagai otak ponsel. Chipset tersebut mengusung prosesor Octa Core yang tersusun atas quad core Kryo 385 Gold 2.5GHz dan quad core Kryo 385 Silver 1.6GHz. Selain itu juga terdapat kartu grafis GPU Adreno 630 dan memori RAM dengan kapasitas 4Gb. Sedangkan untuk sistem operasi sudah menggunakan varsi android yang paling terkini, yakni OS android 9.0 Pie. Sayangnya, pada smartphone ini tidak mendukung adanya slot microSD. Sebagai gantinya pengguna disediakan ruang penyimpanan data internal dengan kapasitas 64Gb dan 128Gb.

Hingga informasi ini dimuat, Google Pixel 3 XL memang baru mulai diluncurkan dipasaran. Dan untuk informasi harga jualnya sendiri juga masih simpang siur. Bahkan di Hongkong smartphone ini dibanderol dengan harga lebih dari $2000 USD oleh pihak ketiga, jauh lebih mahal dari rencana harga yang akan ditawarkan oleh Google. Jadi untuk saat ini harga resmi Pixel 3 XL di indonesia masih belum diketahui, jadi kita tunggu saja sampai smartphone high-end tersebut mendarat di tanah air.

Artikel Terkait