Monday, July 25, 2016

Ini Alasan Banyak Orang Tergila – Gila Game Pokemon Go

Tags
Game Pokemon Go

Game Pokemon Go - Kalau bicara tentang pokemon Go memang sangat menarik. Game yang tengah mewabah satu ini memang sangat disukai banyak orang. Bahkan hampir sebagian besar masyarakat di seluruh dunia sangat suka memainkan game yang tengah naik daun ini. Bahkan di Amerika Serikat yang orang – orangnya terkenal sebagai para ilmuwan juga banyak yang memainkan game yang satu ini. Hal yang sama terjadi di Inggris.

“Saya mengunduhnya karena banyak orang di Amerika Serikat memainkan game yang satu ini dan sepertinya memang mereka sangat tergila – gila” kata Jon Norris yang tengah membicarakan soal game Pokemon Go yang sedang melanda. Norris ini merupakan seorang kepala bagian konten pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital di Brighton, Inggris Selatan. 

Mereka yang belum memainkan game Pokemon Go memang akan merasa game ini biasa – biasa saja akan tetapi kalau Anda sudah mengunduh dan memainkannya game augmented reality ini akan membuat Anda ingin terus – terusan memainkannya. Lantas, apa saja sebenarnya alasan banyak orang tergila – gila dengan game yang satu ini?

Alasan Banyak Orang Tergila – Gila Pokemon Go 


Satu hal yang kamu perlu tahu bahwa Pokemon Go ini adalah game yang saat ini sedang melambung tinggi dan game yang satu ini sudah diunduh jutaan kali di seluruh dunia seperti yang sebelumnya kita ungkapkan. Lantas pertanyaan yang banyak muncul di luar sana, mengapa banyak orang yang jatuh cinta banget dengan game yang satu ini?

Kemudahan memainkannya

Kemudahan memainkannya

“Ada satu faktor kesuksesan dari game Pokemon Go yang sangat fenomenal yaitu karena kemudahan bermain dengan game Pokemon Go” ucap Andrew Przybylski, psikolog di Institut Internet Oxford yang sampai saat ini banyak melakukan kajian tentang sebuah game. Dan termasuk game Pokemon Go sudah dikaji olehnya. 

Ya, memang kita harus akui bahwa bagi sebagian besar orang, ponsel pintar bahkan GPS itu bukan barang asing. Bahkan kini sudah banyak orang bahkan mungkin setiap orang sudah punya ponsel pintar dari kecil sampai dengan orang tua (Kecuali anak bayi dan orang – orang tua yang kurang tahu perkembangan tekno ya guys :-) )

Selain itu faktor lain yang bisa jadi banyak orang suka dengan Pokemon Go adalah...

Nostalgia

Nostalgia

Ya, nama Pokemon, Pikachu rasanya sudah nggak asing lagi di telinga. Bahkan Pokemon ataupun Pikachu dan semua item tentang Pokemon Go adalah barang lama yang di zaman dulu di era 90an sudah sangat fenomenal. Dan dari dulu banyak penggemar Pokemon yang jatuh cinta. Karena itu kemunculan Pokemon baru – baru ini bisa jadi adalah ajang nostalgia masa lalu dari orang – orang yang sudah jatuh cinta dengan Pokemon di era 90an. 

Akan tetapi tentu saja nostalgia saja nggak cukup bro, alasan lainnya adalah...

Tiga faktor

Tiga faktor

Andrew Przybylski berpendapat bahwa permainan yang menjual nostalgia masa lalu juga sebenarnya harus memiliki unsur kebaruan dan harus memiliki unsur asyik supaya game ini mendapatkan sambutan hangat dari para pecinta game. Kalau nggak begitu nggak akan sukses donk game ini.

Supaya bisa asyik, pemain game harus merasa punya percaya diri yang tinggi, game juga harus memberi mereka keleluasaan agar mereka dapat bereksplorasi dan terhubung dengan para pemain. Jadi faktor asyik, baru dan memberikan rasa percaya diri adalah utama.

Dan tiga syarat inilah yang menurut Andrew Przybylski sudah dipenuhi oleh Game Pokemon Go sehingga game Pokemon Go laris manis, banyak diunduh dan banyak disukai bahkan diterima masyarakat dari berbagai usia.

Mengajak pemainnya berpetualang

Mengajak pemainnya berpetualang

Ya, game yang satu ini memang mengajak pemainnya berpetualang. Bahkan di Inggris banyak orang yang rela sampai tengah malam jalan – jalan untuk mencari pokemonnya dunia maya. Bahkan ada juga sebuah kejadian aneh yaitu ketika seorang pria menunggu istrinya melahirkan kemudian berjalan – jalan di luar ruangan lahiran sampai menyusuri gang – gang di sekitar tempat melahirkannya istri hanya untuk mencari pokemonnya dunia maya. Mungkin sobat agak nggak percaya? Atau buat sobat yang sudah memainkannya mungkin pernah mengalami sensasi aneh yang seperti ini?

Ya, aneh memang. Akan tetapi keanehan yang seperti ini yang kemudian memunculkan faktor lain yang juga membuat game ini sukses besar yaitu...

Perbincangan sosial

Sobat hobi main bbm, instagram, line atau media sosial lainnya? Atau bahkan facebook mungkin yang sampai saat ini masih eksis? Sadar atau tidak, pastinya sobat bakal menemui perbincangan – perbincangan soal Pokemon Go. Apalagi di era Pokemon Go yang sekarang ini banyak diperbincangkan pro dan kontranya. 

Perbincangan sosial


Jadi, bisa dikatakan bahwa game Pokemon Go ini juga menjadi rajanya dunia sosial. Didalam konteks kesuksesan Pokemon Go, faktor media sosial atau perbincangan ini memang menjadi faktor pendukung kesuksesan yang tidak bisa diremehkan. 

Bahkan banyak pemain yang sudah mengenakan Pokemon Go mengaku ia sekarang lebih melakukan interaksi dengan orang – orang di dunia nyata karena Pokemon Go. Jadi memang harus diakui bahwa game yang satu ini juga tidak hanya mendorong perbincangan dunia maya tetapi juga mendorong interaksi yang hebat di dunia nyata. Anda pernah merasakan sensasi yang seperti ini sobat?

Menurut Andrew Przybylski sebenarnya media sosial yang membuat masyarakat mengenal dan kemudian belajar bermain Pokemon Go karena Pokemon Go ini juga menjadi game media sosial.

Sekarang kamu sudah tahu banyak bukan sobat faktor yang mendorong suksesnya Pokemon Go? Mungkin kamu seorang designer game yang ingin menyusul kesuksesannya? Didoakan ya sobat:-)

Lantas pertanyaan yang kemudian wajib diperhatikan adalah apakah game Pokemon Go dengan semua kesuksesan besarnya akan bertahan lama? Atau bahkan mungkin dalam 1 atau dua bulan ke depan akan menghilang? Kita tunggu saja berita hebatnya yang lain soal Pokemon Go ya sobat.

Artikel Terkait