Wednesday, September 26, 2018

5 Fitur Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Smartphone Bagi Pemula


Smartphone merupakan sebuah perangkat mobile yang saat ini tengah melesat perkembangannya. Setiap tahunnya ada banyak sekali produk baru bermunculan dengan membawa sejumlah fitur terbaru. Hal ini tentu akan semakin memikat konsumen yang haus akan produk canggih dan terkini. Namun untuk anda yang masih belum begitu mengerti tentang smartphone atau masih pemula namun ingin memilikinya, berikut ini telah kami rangkumkan informasi mengenai apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah ponsel pintar.

5 Fitur Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Smartphone Bagi Pemula


1. Layar
Ketika anda hendak membeli sebuah smartphone, untuk saat ini layar merupakan hal pertama yang perlu diperhatikan. Pasalnya layar akan mempengaruhi ukuran ponsel itu sendiri dan juga kualitas gambar yang ditampilkan. Untuk anda yang gemar bermain game atau menonton video, pastikan anda memilih smartphone dengan layar minimal memiliki ukuran 5" inci dengan resolusi minimal HD 720x1280 piksel. Jika anda memilih ponsel dengan ukuran layar yang lebih kecil dari 5" inci, maka anda akan kurang nyaman ketika bermain game. Selain itu umumnya layar dengan ukuran kurang dari 5" inci memiliki resolusi yang tergolong rendah sehingga berpengaruh pada kualitas gambar.

2. Dapur Pacu
Tentunya anda tidak ingi membeli smartphone dengan kinerja yang buruk, apalagi ponsel yang sering ngelag saat digunakan. Oleh sebab itu, maka sebaiknya anda harus memperhatikan dapur pacu pada sebuah smartphone yang terdiri prosesor, kartu grafis, RAM, dan sistem operasinya. Untuk saat ini, dengan budget sekitar 2 jutaan anda sudah bisa mendapatkan sebuah smartphone dengan prosesor octa core, memori RAM 3Gb, serta sudah menggunakan OS android 8.1 Oreo. Ponsel pintar dengan spesifikasi tersebut saat ini sudah mampu untuk menunjang mobilitas pengguna dengan sangat baik meski digunakan untuk multi taksking sekalipun.

3. Konektivitas
Sekarang sudah jamannya smartphone 4G LTE, tentu akan kurang tepat bila untuk saat ini anda memilih ponsel yang masih mendukung jaringan 3G saja terkecuali karena faktor budget yang anda miliki. Untuk mendapatkan kenyamanan dalam mengakses data akan lebih baik anda memilih smartphone yang sudah mendukung jaringan 2G, 3G HSDPA, dan 4G LTE. Selain itu perhatikan juga, kalau anda terbiasa menggunakan dua kartu dalam satu ponsel usahakan memilih produk yang sim cardnya tidak hybrid dengan microSD. Sebab jika ponsel tersebut menggunakan sistem hybrid, maka ketika anda menggunakan microSD anda hanya dapat menggunakan satu sim card saja.

4. Kamera
Ketika konsumen hendak membeli smartphone, kamera merupakan salah satu fitur yang sagat diperhatikan. Hal ini dikarenakan hampir sebagian besar pengguna ponsel pintar selalu mengabadikan momen berharga mereka dalam bentuk foto ataupun video. Karenanya tentu dibutuhkan smartphone dengan dukungan kamera berkualitas tinggi. Untuk saat ini juga sudah mulai terdapat tren smartphone dengan kamera belakang ganda, hal ini akan memungkinkan pengguna untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh. Jadi ketika anda hendak membeli smartphone jangan lupa perhatikan dulu kamera yang digunakan dan berapa besaran resolusinya. Namun perlu diketahui besaran resolusi tidak selalu menjamin hasil jepretan akan lebih baik.

5. Memori dan Baterai
Walau fitur yang dimiliki cukup banyak namun ruang penyimpanan data yang tersedia tidak terlalu luas jadi bisa dikatakan percuma. Karenanya ketika anda hendak membeli ponsel pintar juga harus memperhatikan kapasitas ruang penyimpanan data dari sebuah perangkat. Selain itu anda juga harus mengetahui apakah produk tersebut menyediakan slot microSD atau tidak, karena bila tidak tersedia slot microSD anda tidak dapat menambah ruang penyimpanan data yang tersedia. Selain memori baterai juga menjadi poin lainnya yang harus diperhatikan, sebab smartphone cenderung boros dengan baterai. Karenanya pastikan anda memilih smartphone dengan kapasitas baterai besar minimal 2.500mAh.

Nah itulah sedikit tips untuk anda yang baru mengenal smartphone, sehingga bila anda membeli perangkat mobile tersebut tidak bingung serta dapat membeli sesuai kebutuhan anda. Namun perlu diperhatikan, semakin tinggi spesifikasi yang ditawarkan oleh sebuah smartphone maka harganya akan semakin mahal. Namun bila anda menginginkan smartphone dengan spesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau, maka merek china seperti asus, xiaomi, dan oppo bisa menjadi solusinya.

Artikel Terkait