Wednesday, September 12, 2018

Ini Dia Perbedaan Smartphone, Phablet, dan Tablet

Dengan seiring berkembangnya teknologi, semakin semarak juga tipe gadget yang beredar di pasaran. Umumnya gadget dibedakan berdasarkan sistem operasi yang digunakan serta merek atau brand yang memproduksi perangkat tersebut. Namun tidak jarang pula gadget dibedakan berdasarkan ukuran dan kegunaanya. Yang umum, kebanyakan pencinta gadget hanya mengetahui perangkat smartphone dan tablet pc saja. Namun selain kedua perangkat tersebut terdapat satu lagi jenis gadget yang disebut dengan istilah phablet. Buat yang masih bingung apa itu phablet berikut penjelasannya.

Perbedaan Smartphone, Phablet, dan Tablet
Phablet merupakan perpaduan antara phone dan tablet pc dimana perangkat tersebut memiliki ukuran yang lebih besar dari sebuah smartphone namun lebih kecil dari sebuah tablet pc. Pada umumnya sebuah smartphone memiliki ukuran maksimal hingga 5" inci, sedangkan tablet pc memiliki ukuran minimal 7" inci. Apabila terdapat gadget yang memiliki ukuran 5-6" inci lebih sedikit, maka perangkat tersebutlah yang dinamakan phablet.

Selain ukuran, sejauh ini tidak terdapat perbedaan yang mencolok antara phablet, smartphone dan tablet pc. Hanya saja untuk saat ini, phablet identik dengan sebuah gadget yang ditujukan untuk pasar kelas atas. Pasalnya hanya perangkat yang dibanderol dengan harga lebih dari 4 jutaan yang menawarkan layar lebar tersebut, sehingga phablet saat ini juga identik disebut sebagai Flagship.

Lantas apa itu Flagship? Flagship merupakan sebuah perangkat andalan oleh suatu vendor atau merek dari sebuah perusahaan gadget. Untuk lebih mudahnya, Flagship juga bisa diartikan sebagai salah satu produk terbaik dari suatu vendor. Dan tentu bisa anda tebak sendiri jarang sekali ada produk andalan yang dibanderol dengan harga terjangkau, karenanya tidak heran phablet yang umumnya dijual dengan harga lumayan mahal juga kerap disebut sebagai flagship.

Kendati bisa dikatakan phablet hampir tidak ada bedanya dengan smartphone, namun pada kenyataannya phablet umumnya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari smartphone. Hal ini wajar saja mengingat phablet umumnya merupakan salah satu produk andalan dari sebuah vendor, sehingga spesifikasinya akan cukup tangguh. Misalkan saja untuk layar, antara layar smartphone dan phablet umumnya jauh lebih baik layar phablet karena resolusi yang lebih tinggi dan kerapatan yang lebih padat per piksel per incinya.

Sebagai contoh, bila smartphone memiliki layar dengan resolusi HD 720x1280 piksel. Maka phablet umumnya memiliki resolusi yang lebih baik, untuk saat ini biasanya phablet memiliki resolusi full HD 1080x1920 piksel. Selain layar, pada sektor dapur pacu sebuah phablet juga kerap kali lebih unggul dengan yang dimiliki oleh smartphone. Bila smartphone menggunakan prosesor tipe quad core, phablet saat ini rata-rata sudah menggunakan prosesor tipe octa core. Jadi pada intinya selain ukuran layar, yang membedakan phablet dari smartphone dan tablet pc adalah spesifikasinya yang lebih tinggi.

Artikel Terkait