Tuesday, September 4, 2018

Sony Xperia XZ3 Hadir Dengan Bezel Tipis, Ini Spesifikasi Lengkapnya


Cukup lama dinantikan kehadirannya, kini smartphone Sony Xperia XZ3 akhirnya telah diperkenalkan secara resmi dengan membawa bezel super tipis seperti ponsel pintar kelas atas kebanyakan. Selain itu, perangkat tersebut juga menggunakan layar melengkung pada sisi kiri dan kanannya seperti yang digunakan oleh produk pesaing. Sedangkan untuk pilihan warna, perusahaan asal Jepang tersebut menyediakan pilihan warna Bordeaux Red, Black, Silver White, dan Forest Green.

Sama halnya dengan smartphone kekinian lainnya, layar dengan ukuran ekstra lebar juga menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh punggawa anyar besutan Sony tersebut. Diketahui layar yang digunakan memiliki bentang 6" inci dengan resolusi yang mencapai Quad HD+ 2880 x 1440 piksel dan kerapatan hingga 537 piksel per inci. Selain itu, teknologi panel OLED (Organic Light Emiting Diode) Triluminos Display dan X-Reality Engine juga turut menyertai layar tersebut guna menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. Tidak ketinggalan, untuk proteksi layar sudah disematkan lapisan pelindung Gorilla Glass 5.

Lebih lanjut lagi mengenai spesifikasi Sony Xperia XZ3, pada dapur pacunya ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 845 yang dipadukan dengan kartu grafis Adreno 630. Chipset tersebut merupakan gabungan dari prosesor quad core 2.8Ghz dan 1.8Ghz yang menjadi prosesor quad core Kryo 385 64-bit. Untuk meningkatkan perfotma perangkat khususnya ketika pengguna melakukan aktifitas berat seperti halnya multi taksking, RAM dengan kapasitas 4Gb telah ditandemkan pada bagian dalam perangkat. Sementara untuk operating system sudah menggunakan android versi terbaru, yakni OS android 9.0 Pie dengan balutan interface XperiaUI.

Beralih ke lini olah gambar, Sony menyematkan kamera dengan resolusi 19 megapixel pada bodi belakang perangkat. Kamera tersebut didukung dengan Triple Image Sensing, EIS, dan LED flash. Sedikit disayangkan, ditengah banyaknya perusahaan lain menawarkan dua kamera belakang pada sebuah smartphone, namun Sony tidak melakukan hal tersebut pada handset yang satu ini. Hal tersebut bisa jadi salah satu kekurangan yang cukup berarti, terkecuali dengan single camera belakang yang dimiliki smartphone ini mampu menghasilkan foto bokeh. Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi 13 megapixel, lebih dari cukup bila digunakan untuk sekedar foto selfie ataupun video chat.

Untuk fitur lainnya, layanan dual sim card dengan dukungan 4G LTE telah tersedia pada smartphone ini untuk memudahkan komunikasi. Selain itu juga tersedia fitur wifi, bluetooth, GPS, NFC, dan juga sejumlah aplikasi default smartphone android. Sedangkan untuk media penyimpanan data didukung oleh memori internal dengan kapasitas 64Gb, tentunya pengguna masih dapat melakukan ekspansi atau perluasan ruang penyimpanan data dengan menambahkan microSD. Tidak ketinggalan, untuk sumber daya sudah disediakan baterai dengan daya tampung 3.300mAh dengan dukungan fitur Quick Charge 3.0 untuk mempercepat proses pengisian ulang baterai.

Jika dilihat dari spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh smartphone ini sudah pasti pasar yang dibidiknya adalah market kelas menengah ke atas. Namun sayangnya, hingga saat ini belum diketahui berapa harga Sony Xperia XZ3 dipasaran. Begitu juga untuk ketersediaanya di pasar indonesia juga masih menjadi tanda tanya, namun bila dilihat dari rekam jejak Sony yang banyak menghadirkan produk anyarnya di tanah air, tentu besar kemungkinan perangkat ini juga akan tersedia di pasar indonesia.

Artikel Terkait