Wednesday, September 5, 2018

Spesifikasi Sharp Aquos D10, Smartphone Tangguh Layar 6 Inci


Pada ajang IFA 2018 beberapa waktu yang lalu, Sharp secara resmi telah memperkenalkan smartphone Quos D10 yang merupakan Flagship terbaru perusahaan tersebut. Salah satu keunikan yang ditawarkan oleh perangkat ini berupa adanya notch atau poni pada bagian atas layar, serupa dengan yang ada pada smartphone kelas atas besutan perusahaan lain sekelas Samsung. Selain itu, untuk layar yang digunakan juga memiliki ukuran yang cukup besar karena bentangnya mencapai 6" inci dengan resolusi full HD+ 2160 x 1080 piksel. Layar yang digunakan oleh smartphone ini merupakan tipe arc 2.5D dengan dukungan teknologi panel IPS yang mana kerapatannya mencapai 401 piksel per inci, serta didukung oleh proteksi gorilla glass 3.

Perangkat yang berjalan pada sistem operasi android 8.0 Oreo ini juga menawarkan performa yang handal berkat penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 630. Chipset tersebut mengusung prosesor tipe octa core seri ARM Cortex-A53 dengan clock speed up to 2.2Ghz. Untuk menghadirkan dukungan grafis yang lebih mumpuni, Sharp mempercayakannya kepada pengolah grafis GPU Adreno 508 yang terbilang cukup handal. Tidak ketinggalan, memori RAM dengan kapasitas 4Gb juga sudah ditambahkan pada perangkat ini supaya performanya lebih powerfull dan stabil.

Spesifikasi Sharp Aquos D10 lebih detail sudah mendukung jaringan 2G, 3G HSDPA, serta 4G LTE. Selain itu untuk fitur dual sim card juga tersedia dalam mode hybrid, dalam artian menjadi satu dengan slot microSD untuk ekspansi ruang penyimpanan data. Jadi bila pengguna menggunakan dua kartu sekaligus maka tidak dapat menggunakan slot microSD, sebaliknya jika ingin menggunakan microSD pengguna hanya bisa menggunakan satu kartu saja. Namun untungnya penyimpanan data internal yang menjadi bawaan smartphone ini sudah tergolong besar kapasitasnya, yakni 6Gb. Sehingga tanpa melakukan ekspansi dengan microSD sudah tersedia ruang penyimpanan data yang lebih dari cukup untuk menyimpan file.

Layanan konektivitas lainnya seperti halnya wifi, bluetooth, browser, serta GPS juga tersedia untuk memudahkan aktifitas pengguna. Selain itu juga sudah tersedia fitur sensor sidik jari, sehingga pengguna dapat menggunakan pengamanan tambahan selain memakai kode PIN dan pola. Namun sayangnya untuk fitur face unlock belum tersedia pada perangkat ini, mengingat fitur semacam itu umumnya ditawarkan oleh smartphone premium seperti iPhone X. Dengan cukup banyaknya fitur yang ditawarkan tersebut, tentunya dibutuhkan sumber daya yang memadai guna menunjang aktifitas pengguna. Oleh karenanya, Sharp menyediakan baterai dengan daya tampung 2.900mAh sebagai sumber daya perangkat ini.

Sedikit beralih ke sektor fotografi, sama halnya dengan smartphone kekinian lainnya perangkat ini juga menawarkan dua kamera belakang. Kedua kamera belakang tersebut memiliki resolusi 12megapixel dan 13 megapixel lengkap dengan dukungan dual-tone led flash, auto focus, serta phase detection. Sedangkan untuk kamera skundernya memiliki resolusi 16 megapixel dengan posisi yang berada pada lini depan perangkat. Dengan kamera tersebut, aktifitas video chat dan foto selfie akan didukung oleh smartphone terbaru Sharp tersebut.

Hingga saat ini kabarnya Sharp baru menghadirkan Flagship ini untuk pasar eropa saja. Untuk harga jual Sharp Aquos D10 sendiri mencapai $399 USD atau sekitar 6,1 juta rupiah. Dengan harga yang lumayan bersaing, besar kemungkinan akan banyak konsumen yang meminati produk ini. Terlebih lagi spesifikasi dan fitur yang ditawarkan juga lumayan canggih dan terkini. Untuk anda yang juga berminat pada smartphone ini, tunggu saja kehadirannya di pasar mobile indonesia.

Artikel Terkait